Rabu, 11 Mei 2011

MEDIA BIMBINGAN KONSELING

Tugas Konselor adalah menyusun dan melaksanakan program BK. program BK terdiri dari program tahunan, program semester, program bulanan, program mingguan, dan program harian. Program BK yang utama adalah pemberian layanan BK, kegiatan pendukung dan program penunjang.
           Dalam melaksanakan kegiatan layanan BK memerlukan alat dan media, misalnya dalam melaksanakan layanan informasi mengenal arti dan tujuan ibadah  alat yang digunakan LCD, media yang digunakan  selebaran. melaksanakan kegiatan pendukung juga perlu media misalnya, angket, pedoman interview.
          Apakah media itu? Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Sumber pesan dalam pembelajaran adalah guru, sedangkan penerima pesan adalah siswa atau peserta didik.
             Menurut Yuliani Nurani Sujiono Media adalah:” segala sesuatu yang dapat dipakai atau dimanfaatkan untuk merangsang daya pikir, perasaan, perhatian dan kemampuan anak sehingga ia mampu mendorong terjadinya proses belajar mengajar pada anak”.(2005-8.12). Pengertian media menurut Masitoh, dkk adalah :” peralatan yang dapat mendukung anak secara komprehensip yang meliputi perkembangan fisik, motorik, sosial, emosi, kognitif, kreatifitas dan bahasa”. (2006:5.19). Sementara itu Badru Zaman (2005:4.11) mendifinisikan media:“ sebagai wahana dari pesan yang oleh sumber pesan (guru) ingin diteruskan kepada penerima pesan (anak)”
              Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa media adalah peralatan yang dapat dipakai atau dimanfaatkan untuk merangsang perkembangan fisik, motorik, sosial, emosi, kognitif, kreatifitas dan bahasa anak sehingga ia mampu mendorong terjadinya proses belajar mengajar pada diri anak.
               Bagaimana arti media bagi konselor yang mempunyai tugas special yaitu memberikan layanan bimbingan dan konseling ?. Pengertian media dalam bimbingan konseling sebagai hal yang digunakan menjadi perantara atau pengantar ketika guru BK (konselor) melaksanakan program BK. Namun dalam perkembanganya MEDIA BK tidak sebatas untuk
perantara atau pengantar ketika guru BK (konselor) melaksanakan program BK tetapi memiliki makna yang lebih luas yaitu segala alat bantu yang dapat digunakan dalam melaksanakan program BK (Diklat profesi guru, PSG Rayon 15, 2008). misalnya konselor ketika melaksanakan konseling individu memerlukan ruang konseling, meja kursi, alat perekam/pencatat. ketika konselor pada akhir minggu/bulan/semester/tahun akan melaporkan kegiatan kepada Kepala Sekolah memerlukan media. setelah sudah selesai masih memerlukan media lagi misalnya rak penyimpan data.


Ada beberapa jenis media dalam program BK yaitu
1. Media untuk menyampaikan informasi
2. Media sebagai alat ( pengumpul data dan penyimpan data)
3. Media sebagai alat bantu dalam memberikan group information
4. Media sebagai Biblioterapi
5. Media sebagai alat menyampaikan laporan
            Contoh media
1. Media untuk menyampaikan informasi
Selebaran, leaflet, booklet, dan papan bimbingan
2. Media sebagai alat ( pengumpul data dan penyimpan data)
Media Pengumpul data: Angket, pedoman wawancara, lembaran observasi berupa anekdo record, daftar cek, skala penilaian, mekanikal device, camera, tape, daftar cek masalah,  lembar isian pilihan teman (semua dapat dibuat sendiri kecuali mekanikal device, camera, tape)
Media penyimpan data: kartu pribadi, buku pribadi, map, disket, folder, filing cabinet, almari, rak dll
3. Media sebagai alat bantu dalam memberikan group information
Media auditif,: radio, tape
media visual: gambar, foto, tranparansi, lukisan, dll
audio visual: film yang ada suaranya.
4. Media sebagai Biblioterapi
Buku-buku, majalah, komik ( yang penting di dalamnya berisi cara-cra atau tips ) misalnya cara beternak ayam, cara cepat membaca Alquran, cara mengatasi rendah diri end so on)
5. Media sebagai alat menyampaikan laporan
Berupa laporan kegiatan BK kepada boz kita. Laporan bisa mingguan, bulanan, semesteran and tahunan
sumber:  http://bksuhartongawi.blogspot.com/2010/12/media-bimbingan-konseling.html

Tidak ada komentar: